Blitar, 18 Februari 2023. KH Fauzan Zenrif, wakil ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Malang sekaligus koordinator bidang perekonomian dan pertanian, bersama dengan Anis Hidayati, ketua Kelompok Pengusaha Kecil (KPK) NU sekaligus Pemred Jatim news, hadir di kantor Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) di Blitar.

Rombongan tersebut disambut oleh Ketua Umum KBHI, Kurniadi Ikhwan, dan Ketua Kesekretariatan KBHI, Ari Wahyudi. Ketua KBHI memberikan apresiasi positif terhadap kehadiran KH Fauzan Zenrif dan rombongan KPK, mengingat pentingnya silaturahmi antar organisasi dalam mencapai visi dan misi KBHI.

Ketua KBHI menjelaskan pentingnya membuka akses pasar produk hortikultura dengan membentuk tim pemasaran di tingkat bawah, dengan berbagai zona geografis pemasaran, seperti wilayah pegunungan, pesisir pantai, perkotaan, dan desa. Sistem barter yang melibatkan Gapoktan dan didukung oleh tim logistik, packing house, dan sistem informasi akan membentuk efisiensi dalam sistem pemasaran.

KH Fauzan Zenrif menyambut baik gagasan tersebut dan berharap KBHI dapat menjadi mentor dan menerapkan konsep tersebut di wilayah Malang. Dalam konteks ini, KH Fauzan Zenrif menyatakan dukungannya terhadap upaya KBHI dalam membuka akses pasar produk hortikultura.

Ketua KBHI juga menyampaikan pentingnya memperkuat branding produk hortikultura lokal agar dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. KBHI akan membantu para petani dan pelaku usaha kecil dalam mengembangkan produk hortikultura mereka dan memperkuat branding produk mereka.

Anis Hidayati, ketua KPK NU, mengapresiasi kolaborasi antara KPK dan KBHI dalam membuka akses pasar produk hortikultura di wilayah Malang. Menurutnya, kolaborasi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para pengusaha kecil di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, KH Fauzan Zenrif juga memaparkan program-program unggulan PCNU Kabupaten Malang di bidang pertanian dan perekonomian. Salah satu program yang menjadi fokus PCNU Kabupaten Malang adalah pengembangan kawasan pertanian terpadu dengan mengintegrasikan sistem pertanian dan peternakan.

Ketua KBHI mengapresiasi program-program tersebut dan berharap kolaborasi antara KBHI dan PCNU Kabupaten Malang dapat memperkuat sektor pertanian dan perekonomian di wilayah tersebut. Dalam akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk terus menjalin kerja sama yang baik dalam upaya memajukan sektor pertanian dan perekonomian di wilayah Malang

by. Admin