Produk baru dari Bapak Darmanto, yaitu coklat sancha inchi, sedang ramai dibicarakan di Batang, Jawa Tengah. Menurut Darmanto, coklat sancha inchi sangat berbeda dengan coklat lainnya. “Coklat sancha inchi mengunakan coklat kualitas premium langsung d ambil dari pabrik coklat UGM yang ada di Batang,” jelas Darmanto saat diwawancara KBHI.

Sancha inchi sendiri merupakan nama latin dari tanaman Pulkentinia Valubilis yang berasal dari Peru. Tanaman ini tumbuh di hutan Amazon tepatnya di Ecuador, Colombia, dan Brasil barat laut. Sancha inchi dikenal juga sebagai kacang Inca atau kacang gunung yang kaya nutrisi omega 3, 6, dan 9. “Kami mengolah sancha inchi secara alami dan mempertahankan kandungan nutrisi di dalamnya,” tambah Darmanto, Anggota aktif Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia.

Semua bahan yang digunakan untuk membuat coklat sancha inchi ini bersumber dari alam dan diproses secara alami tanpa penggunaan pengawet atau penguat rasa. “Kacang hasil panen dijemur maksimal dan setelah itu diadakan penyortiran grid. Selanjutnya dalam pengolahan kami menggunakan suhu 60°- 70°,” jelas Darmanto.

Coklat sancha inchi ini memiliki rasa yang enak dan berbeda dari coklat lainnya. “Kami gunakan coklat cacao dengan isian kacang sancha inchi. Rasanya enak beda dengan coklat isi jenis biji lain,” ujar Darmanto. Selain enak, coklat sancha inchi ini juga memiliki manfaat kesehatan yang tertentu karena kandungan nutrisi sancha inchi yang tinggi seperti omega 3, 6, dan 9.

Kemasan coklat sancha inchi ini didesain dengan sangat menarik dan khusus. “Makanan sehat yang kaya nutrisi,” ungkap Darmanto. Untuk memperoleh coklat sancha inchi ini, konsumen dapat membelinya di toko online dan offline.

Bagi Bapak Darmanto, coklat sancha inchi adalah karya besar yang ia hasilkan. “Saya sangat bangga dengan produk ini dan saya ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen,” tutur Darmanto. Dengan kualitas dan manfaat yang dimilikinya, coklat sancha inchi diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang populer di masyarakat.