Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang menggelar Festival Buah Nusantara pada tanggal 22 – 23 Februari 2023 di Pendopo Kabupaten Batang. Acara tersebut terdiri dari berbagai kegiatan menarik, seperti kontes durian dan alpokat unggulan, pameran buah dan produk pertanian, bazar UMKM, bisnis matching, talkshow, launching buku, lomba menggambar dan mewarnai TK-SD, pelatihan agribisnis, serta hiburan. Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini meliputi masyarakat umum se Kabupaten Batang dan Jawa Tengah.

Kontes buah nusantara ini mendapat antusias yang luar biasa dari petani, dengan 29 peserta buah durian dan 20 peserta buah alpukat. Kriteria penilaian dalam lomba meliputi banyak aspek, sehingga diharapkan dapat menemukan buah varietas unggulan lokal yang akan disertifikasi dan diberi nama oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang sebagai pemenangnya nanti.

Menurut Ibu Yudith, selaku peserta stand sekaligus anggota aktif KBHI, Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia, “Tujuan adanya kontes buah adalah untuk mencari buah varietas unggulan lokal yang nantinya bisa disertifikasi dan diberi nama. Dengan begitu, dapat meningkatkan nilai jual buah tersebut di pasar.”

Selain kontes buah, kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah bazar durian lokal serta pawai gunungan durian dan kesenian reok yang akan digelar pada tanggal 3-4 Maret 2023 di Dusun Kalangan Desa Kuwarasan Kecamatan Jambu. Hanya dengan voucher Rp50.000, pengunjung bisa makan durian sepuasnya. Acara tersebut juga akan diisi dengan bazar UMKM serta lomba durian.

Aditya Kusuma, salah satu panitia acara, mengatakan, “Harapan kami setelah kegiatan ini adalah terbukanya pasar dan minat terhadap produk hortikultura Batang. Dengan begitu, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan pariwisata di Batang, seperti bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan lokal.”

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan potensi pertanian dan pariwisata di Batang serta memperkenalkan buah-buah lokal yang unggul. Bagi penggemar buah, jangan lewatkan Festival Buah Nusantara dan bazar durian lokal di Kabupaten Batang!