Jombang, 18 Maret 2023, Direktorat Jenderal Hortikultura kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura untuk mendukung perkembangan kampung hortikultura di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, pada tanggal 18 dan 20 Maret 2023, di Hotel Fatma, Jombang, Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para petani/pelaku usaha hortikultura di Indonesia.

Acara Bimtek dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, yang kemudian diikuti oleh sambutan dari Ditjen Hortikultura. Selain itu, Anggota Komisi IV DPR-RI, Ema Umiyyatul Chusnah, juga memberikan sambutan dan arahan tentang “Membangun Indonesia Tangguh melalui Pembangunan Pertanian”.

Kegiatan ini juga membahas strategi kebijakan pengembangan hortikultura untuk tahun anggaran 2023 yang akan disampaikan oleh PJ Pelaksana Ditjen Hortikultura, Atik Setiati. Pada sesi terakhir, Kurniadi Ikhwan, ST, selaku Ketua KBHI, membahas penanganan pascapanen dan peningkatan nilai tambah produk pekarangan.

Dengan adanya Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura ini, diharapkan petani/pelaku usaha hortikultura di Indonesia dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen mereka serta mampu bersaing dengan produk impor. Tagline yang diambil oleh ketua KBHI adalah   “Membuat Pekarangan menjadi Sumber Kesehatan dan Kepuasan”