Pada hari Rabu, 5 Maret 2023, Team Berita KBHI (Komunitas Bertani Hortikultura Indonesia) mengadakan rekam percakapan antara bulan Maret 2022 sampai dengan Maret 2023 terhadap diskusi online melalui WhatsApp group yang membahas potensi pertanian lokal di Indonesia. Dalam diskusi tersebut, para anggota KBHI memberikan harapan, kritik, dan saran untuk meningkatkan kualitas pertanian lokal dan memperkenalkannya ke pasar internasional.

Salah satu harapan anggota KBHI adalah untuk menciptakan kemandirian bangsa melalui pemberdayaan sektor pertanian selain maritim. Anggota KBHI juga menekankan pentingnya penguatan kelompok dan organisasi petani per distrik/kecamatan, penguatan pasar tani per kecamatan, dan penguatan cluster per kecamatan dengan produk unggulan.

Dalam diskusi tersebut, anggota KBHI juga menyoroti pentingnya peningkatan manajemen organisasi, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan manajemen pengelolaan keuangan bagi petani untuk bisa menikmati jerih payahnya dengan layak.

Beberapa anggota juga mengusulkan diadakannya diskusi tematik berkala yang diisi oleh senior dan suhu-suhu sebagai pemateri untuk berbagi ilmu. Nanti hasilnya dapat diunggah di internet agar mudah diakses oleh anggota grup.

Anggota KBHI juga menekankan pentingnya konsumsi dan pembelian buah lokal agar bisa merasakan denyutan nadi dan nafas rakyat. Selain itu, mereka juga menyarankan untuk membangun link KBHII dari hulu sampai hilir dengan produk yang kreatif, inovatif, dan mensejahterakan umat khususnya petani Indonesia Raya.

Dalam diskusi tersebut, para anggota KBHI juga mengusulkan agar KBHI segera diorganisasi secara resmi dalam bentuk apapun yang paling sesuai agar kekuatannya nyata dan diakui. Mereka berharap KBHI bisa menjadi wadah informasi antar anggota di mana pun keberadaannya dan pekerjaannya, menjadi tempat bertukar pengalaman budidaya maupun pasar komoditi, dan bisa menjadi sarana berbagi ilmu dan teknologi untuk pengembangan holtikultura di masa sekarang dan yang akan datang.

Semoga dengan sinergi dan kerja sama yang dibangun, KBHI bisa membantu meningkatkan kualitas pertanian lokal Indonesia dan memperkenalkannya ke pasar internasional sehingga produk holtikultura khas Nusantara semakin dikenal dan pesertanya bisa menambah mitra usaha sehingga berjaya dan akhirnya produk holtikultura menjadi tuan rumah di negeri sendiri.