Desain gerobak sayur yang inovatif dan dilengkapi dengan aplikasi terbaru menjadi solusi bagi para petani untuk membuka pasar baru. Sistem gerobak sayur ini memungkinkan petani untuk menjual berbagai jenis produk pertanian secara langsung kepada konsumen di lokasi strategis yang ramai.

Dengan 60 nampan yang dapat menampung berbagai jenis produk, seperti buah, sayur, bunga, rempah, makanan olahan, dan produk siap saji hasil pertanian, satu gerobak akan menampung produk dari 60 Poktan/ktw yang berbeda. Setiap gerobak akan dikelola oleh satu Poktan/ktw sehingga dalam satu komunitas ada 60 gerobak yang saling berhubungan dan memungkinkan mereka untuk menentukan harga produk secara real-time dengan menggunakan aplikasi yang disepakati.

Sistem ini memiliki kelebihan yaitu memungkinkan Poktan/pemilik barang untuk menentukan harga produk secara fleksibel. Hal ini akan mempercepat penjualan dikarenakan adanya barter produk antar daerah sentra produksi yang terjadi dalam 4 komoditas di sistem tersebut.

Selain itu, sistem gerobak sayur juga mempercepat sirkulasi produk pertanian dari petani ke konsumen akhir. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi pemasaran dan mempercepat arus keuangan bagi petani. Selain itu, dengan aplikasi yang disepakati, petani dapat menentukan harga secara real time untuk produk yang mereka jual di gerobak sayur. Hal ini memungkinkan penentuan harga yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kondisi pasar yang berubah-ubah.

Untuk meningkatkan kelebihan dan mengurangi kelemahan sistem, beberapa ide dapat ditambahkan, seperti meningkatkan kapasitas gerobak sayur, memberikan pelatihan kepada petani tentang cara menjaga kualitas produk mereka, dan penggunaan teknologi alternatif yang lebih sederhana.

Sistem gerobak sayur ini dapat menjadi daya tarik baru bagi konsumen yang ingin membeli produk pertanian langsung dari petani. Konsumen juga dapat merasakan manfaat dari harga yang lebih terjangkau dan kualitas produk yang lebih segar. Diharapkan dengan adanya sistem ini, dapat memberikan dukungan bagi petani lokal dalam meningkatkan pemasaran produk mereka