Alpukat miki, kamu pasti sudah pernah dengar tentang buah kekinian yang sedang nge-hits banget di mana-mana, kan? Nah, kita punya cerita seru nih tentang Aminudin Aziz, seorang petani yang sukses membudidayakan alpukat miki di kebun bibitnya yang kece banget di Depok, Jawa Barat. Ia merupakan alumni dari Fakultas Pertanian Unsoed angkatan ’80 yang keren abis!

Bersama Tim berita KBHI dan Ketua Umum  Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia, kita diajak untuk berkunjung ke kebun bibit miliknya yang hanya seluas 500 meter. Tapi, jangan salah, tempat budidaya alpukat miki yang ia sulap dari pekarangan rumahnya ini berhasil mencuri perhatian para pengunjung. Mereka semua terkagum-kagum dengan keunikan kebun Aziz yang sangat kreatif!

Kita pun penasaran, kok Aziz bisa sukses mengembangkan usaha pembibitan alpukat miki? Terus, bagaimana dia bisa memulai usaha tanpa modal? Eh, si Aziz ini ternyata pernah bekerja selama 30 tahun di Dirjen hortikultura Kementerian Pertanian, loh. Jadi, ia punya pengalaman yang sangat luas dalam hal budidaya tanaman. Dia juga menyebut bahwa lingkungan tempat tinggalnya di Depok sangat mendukung untuk mengembangkan alpukat miki dan alpukat cimpedak.

“Bisa dibilang tanpa modal karena saya 2017 masih bekerja. Saat minum jus alpukat di depan kantor saya pun meminta mereka mengumpulkan bijinya. Satu kantong dua kantong kita bawa ke rumah dan kita semai di media pasir, kemudian kita sungkup dengan plastik. Dan itu tumbuh. Kemudian kita sambung dengan batang atas pohon alpukat miki. Itupun saya minta juga. Seberjalanannya waktu dengan ragam error hingga sekarang bisa. Pokoknya jangan takut untuk teman-teman yang ingin memulai usaha pembibitan, yang penting adalah kemauan. Tanpa modal pun bisa berjalan,” cerita Aziz.

Wah, semangat dan kegigihannya untuk memulai usaha tanpa modal ini sangat menginspirasi, ya! Jadi, teman-teman jangan ragu untuk mulai memulai usaha apapun yang kamu suka, karena seperti kata Aziz, yang penting adalah kemauan!

Nah, itu tadi cerita seru tentang Aminudin Aziz, petani yang berhasil membudidayakan alpukat miki dengan kreativitas dan semangatnya yang membara. Yuk, kita semua dukung petani-petani lokal kita agar semakin sukses dalam mengembangkan usaha mereka!