KBHI (Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia) bekerja sama dengan beberapa pihak mengadakan pelatihan ekspor bagi siswa yang tertarik di bidang perdagangan internasional. Acara yang diadakan di Blitar ini diikuti oleh 103 siswa dari berbagai kalangan, dengan sebagian besar berasal dari PPL Pertanian.

Para peserta antusias mengikuti program ini yang diselenggarakan secara gratis. Pelatihan ini dilakukan agar peserta bisa memahami dan menguasai teknik dan strategi dalam berbisnis ekspor.

“Kami sangat senang melihat antusiasme para peserta. Pelatihan ini sangat penting, terutama bagi siswa yang ingin terjun ke dunia perdagangan internasional,” ujar Ketua KBHI.

Pelatihan dilakukan oleh pengajar yang memiliki keahlian di bidang ekspor. Beliau adalah Ketua Kontak Bisnis Hortikultura yang telah memiliki sertifikat keahlian ekspor dari BNSP dan sebagai pelaku ekspor sejak 2017.

Agar pelatihan bisa lebih terfokus, jumlah peserta dibatasi maksimal 20 orang per kelas. Peserta juga diberikan metode pembelajaran yang berbeda dari pelatihan biasa, yaitu dengan praktek langsung dari materi yang diberikan.

“Pelatihan ini benar-benar bagus. Saya bisa mempraktekkan langsung apa yang telah saya pelajari. Metodenya mudah dipahami dan para pengajar sangat sabar dalam memberikan penjelasan,” ujar salah satu peserta pelatihan.

Di hari pertama pelatihan, peserta sudah mampu menemukan kontak dan alamat pembeli. Kebanyakan peserta sangat senang dengan hasil yang diperoleh pada hari pertama. Mereka merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini.

“Ternyata ekspor itu mudah. Saya tidak menyangka bahwa saya bisa menemukan kontak dan alamat pembeli di hari pertama,” ujar salah satu peserta dengan senyum puas di wajahnya.

Pelatihan ekspor yang diadakan oleh KBHI ini memberikan manfaat yang besar bagi siswa yang ingin terjun ke dunia perdagangan internasional. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa memberikan motivasi dan wawasan yang lebih luas dalam dunia bisnis ekspor