Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) adalah organisasi yang didirikan untuk memajukan sektor hortikultura di Indonesia. Dalam sektor ini, terdapat banyak pelaku usaha dan pegiat hortikultura yang mewakili semua unsur dan elemen usaha hortikultura di Indonesia. KBHI bertujuan untuk menghimpun seluruh pelaku usaha dan pegiat hortikultura di Indonesia, serta menjadi wadah bagi mereka untuk berkolaborasi dan saling berbagi pengalaman.

Karakter dan budaya organisasi KBHI dibangun dengan tiga prinsip utama. Pertama, prinsip bermartabat yang menunjukkan bahwa organisasi ini menjunjung harga diri dan harkat kemanusiaan. Hal ini mengandung arti bahwa organisasi KBHI selalu menjunjung tinggi martabat setiap anggota dan pelaku usaha di sektor hortikultura.

Kedua, prinsip berintegritas yang menunjukkan bahwa KBHI memiliki kesatuan sikap yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan sifat moral kewibawaan dan kejujuran. Hal ini menandakan bahwa KBHI selalu berusaha untuk menjaga integritas organisasi dan para anggotanya dengan berpegang pada prinsip-prinsip moral yang kuat.

Ketiga, prinsip berdaya saing yang menunjukkan bahwa KBHI memiliki kesanggupan, kemampuan, dan kekuatan untuk berkompetisi. Hal ini mengandung arti bahwa KBHI selalu berusaha untuk meningkatkan daya saing sektor hortikultura di Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam pasar global.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, KBHI memiliki beberapa program kerja yang dijalankan secara teratur. Program kerja KBHI antara lain adalah pengembangan sumber daya manusia, pengembangan inovasi teknologi, penguatan kelembagaan hortikultura, pengembangan pasar domestik dan internasional, serta promosi produk hortikultura Indonesia.

Pengembangan sumber daya manusia dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para pelaku usaha dan pegiat hortikultura. Pelatihan dan pendidikan ini meliputi teknik budidaya, teknik pengolahan, teknik pemasaran, serta manajemen bisnis. Dengan demikian, para pelaku usaha dan pegiat hortikultura diharapkan dapat meningkatkan kualitas produknya, sehingga dapat bersaing di pasar global.

Pengembangan inovasi teknologi dilakukan dengan cara memperkenalkan teknologi baru yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas produk hortikultura. Teknologi yang diperkenalkan oleh KBHI meliputi teknologi budidaya tanaman, teknologi pengolahan, serta teknologi pemasaran.Penguatan kelembagaan hortikultura dilakukan dengan cara membangun jaringan kerjasama antara pelaku usaha dan pegiat hortikultura di seluruh Indonesia.