Jakarta, 6 Juni 2021.

Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) telah menunjuk Kurniadi Ikhwan sebagai Ketua Umum periode 2021-2024. Ia terpilih pada Musyawarah Nasional ke-2 yang diadakan di tiga tempat, yaitu Kantor Kementerian Pertanian, Batang, dan Malang, pada Sabtu (5/06/2021). cek berita di https://youtube.com/shorts/aHz1p5xaL3Y

Kurniadi Ikhwan, yang biasa dipanggil Adi, adalah Sekretaris Umum pengurus periode pertama KBHI dan juga anggota Koperasi KBHI. Ia bergabung dengan KBHI pada saat pelatihan Ekspor Hortikultura yang diselenggarakan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian bersama KBHI di Yogyakarta pada tahun 2018.

Menurut Kurniadi Ikhwan, KBHI ada karena kebutuhan pelaku pertanian dan pelaku bisnis pertanian khusus hortikultura di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa KBHI adalah organisasi khusus yang membidangi pertanian hortikultura dengan anggota yang memiliki usaha dari hulu sampai hilir baik pasar lokal maupun pasar ekspor.

Lebih lanjut, Kurniadi Ikhwan menyatakan bahwa tantangan di dunia pertanian hortikultura adalah kualitas dan kuantitas barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Sektor pertanian hortikultura mulai dilirik oleh petani milenial sehingga KBHI akan melakukan percepatan-percepatan guna kemajuan petani dan pengusaha Hortikultura Indonesia.

Aminuddin Aziz, Penggagas KBHI, menyatakan bahwa KBHI adalah lembaga non-pemerintah yang sebagian besar anggotanya pelaku bisnis hortikultura dari seluruh Indonesia. Jika dikelola dengan baik, KBHI akan menjadi sebuah kekuatan besar dan memiliki daya tawar yang baik dalam memperjuangkan industri hortikultura yang lebih berdaya saing dan bermartabat.

KBHI juga telah melahirkan lembaga bisnis berbentuk Koperasi BHI pada April 2018 yang mulai berjalan. KBHI telah menjadi sarana silaturahim antar pelaku bisnis hortikultura, saling tukar informasi, serta sarana silaturahim dengan kementerian dan lembaga.

Lebih lanjut, Aminuddin Aziz mengatakan bahwa KBHI mulai menarik perhatian kalangan hortikultura, baik pelaku bisnis, perguruan tinggi, kementerian, dan lembaga pemerintah. Bahkan, KBHI sudah dikenal oleh para pembeli dari beberapa negara.

Dari sisi pemerintah, KBHI setidaknya dapat menjadi mitra kerja yang baik, inisiator, dan akselerator bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat, terpenuhinya kebutuhan konsumsi masyarakat, dan kebutuhan bahan baku industri. KBHI juga mampu mempercepat tumbuh dan berkembangnya industri hortikultura yang akan menghemat dan menghasilkan devisa negara. (AR)