Petani labu madu Jogjakarta, Mas Suwarno, telah sukses menanam dan membudidayakan labu madu selama bertahun-tahun. Dia adalah salah satu dari banyak petani lokal yang telah berkontribusi dalam menjaga dan mengembangkan industri pertanian di Indonesia. Untuk itu, Tim KBHI bertemu langsung dengan Mas Warno untuk mendapatkan wawasan dan rahasia suksesnya dalam menanam dan membudidayakan labu madu.

Dalam wawancara melalui aplikasi WhatsApp, Mas Warno membagikan beberapa tips yang telah membantunya sukses menanam labu madu. “Kunci sukses dalam menanam labu madu adalah memperhatikan kualitas benih dan persiapan tanah sebelum menanam. Petani harus memilih benih yang berkualitas dan membeli langsung dari pabrik atau produsen,” ujar Mas Warno.

Mas Warno juga menekan pentingnya persiapan tanah sebelum menanam, yaitu dengan membajak dan merotari tanah agar lembut serta memberikan pupuk organik untuk menjaga kesuburan tanah. “Persiapan tanah yang baik akan membantu tanaman labu madu tumbuh sehat dan produktif,” tambahnya.

Untuk perawatan tanaman labu madu, Mas Warno menyarankan agar petani mengikuti SOP yang telah dibuat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. “Petani harus selalu memeriksa tanamannya secara teratur dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat jika terdapat hama atau penyakit pada tanaman,” lanjutnya.

Menjaga kualitas produk dan produksi yang efisien juga menjadi kunci sukses dalam bisnis labu madu. “Meskipun ada beberapa tantangan dalam bisnis labu madu seperti di pasar dan pembayaran, petani harus tetap fokus untuk menjaga kualitas produk dan produksi yang efisien,” ujar Mas Warno. “Dengan demikian, petani dapat mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan.”

Dalam kesempatan ini, Mas Warno berharap petani labu madu lainnya dapat memanfaatkan pengalamannya dan tipsnya untuk menghasilkan panen yang berkualitas dan dapat memperluas bisnis mereka. “Saya berharap petani lain bisa sukses dalam menanam dan memperluas bisnis labu madu, karena ini adalah salah satu industri pertanian yang cukup menjanjikan,” tambah Mas Warno.

Sebagai salah satu sumber penghasilan yang stabil dan berkelanjutan, labu madu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk petani di Indonesia. Dengan menekuni bisnis ini, petani dapat membantu menjaga dan mengembangkan industri pertanian di Indonesia serta memperbaiki kesejahteraan masyarakat