Blitar, 02 Februari 2022 – La Ode Nazaruddin, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Hungarian University of Agriculture and Life Sciences di Hungaria, telah menghubungi Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) untuk melakukan penelitian mengenai Upaya Pengurangan Food Miles di Indonesia.

Menurut Nazaruddin, peran KBHI sebagai lembaga yang mempertemukan pelaku bisnis hortikultura dapat menjadi sumber data dan informasi yang penting untuk membantu penelitiannya. Dia berharap hasil penelitiannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya.

Ketua Umum KBHI, Kurniadi  Ikhwan, menyambut baik inisiatif Nazaruddin dan berkomitmen untuk membantu penelitiannya. Dalam penelitiannya, Nazaruddin akan melakukan survei di beberapa wilayah di Indonesia untuk mempelajari bagaimana rantai pasok hijau hortikultura berjalan dan menentukan titik-titik yang dapat dioptimalkan untuk mengurangi Food Miles. Dia juga akan melakukan wawancara dengan produsen dan pengusaha hortikultura untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai tantangan dan peluang yang ada dalam pengembangan rantai pasok hijau yang berkelanjutan.

Nazaruddin berharap hasil penelitiannya dapat diimplementasikan oleh para pengusaha dan produsen hortikultura di Indonesia untuk meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi rantai pasok hijau mereka. Dia juga berharap hasil penelitiannya dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat posisi Indonesia di pasar global