Ashat Arifin, seorang pengusaha sukses asal Malang, telah membagikan kisah inspiratif tentang kesuksesannya dengan bisnisnya, CV Ubi Jalar Indonesia. Dalam waktu yang singkat sejak memulai bisnis pada tahun 2018, Ashat Arifin telah mengubah ubi jalar menjadi komoditas yang laris di pasaran lokal.

Ashat Arifin memulai bisnisnya dengan menanam ubi jalar, sebuah komoditas yang belum banyak diminati. Namun, dia menemukan bahwa tanaman ini mudah ditanam dan memberikan hasil yang memuaskan dengan hanya delapan kali penyiraman dan dua bulan pemupukan sebelum panen. Ketika dihadapkan pada tantangan, Ashat Arifin tidak menyerah. Sebaliknya, dia mengandalkan pengalamannya dan terus belajar dari Balai Penelitian Tanaman Kacang dan Umbi-Umbian untuk mengatasi setiap masalah.

Ashat Arifin menyarankan agar orang tidak serakah dalam berbisnis. Dia mengajak orang untuk memperhatikan dampak positif dari bisnisnya dan memberikan manfaat bagi petani lain atau orang yang ingin memulai bisnis di bidang ubi jalar. Baginya, kunci kesuksesan dalam bisnis ubi jalar terletak pada fokus pada tiga hal penting: budidaya, manajemen, dan pemasaran. Setiap orang harus memilih salah satu dari tiga hal tersebut sesuai dengan keahlian masing-masing.

Ashat Arifin juga berhasil mengembangkan teknik menanam ubi jalar dalam karung yang sangat mudah dilakukan dan menghemat tempat, sehingga memberikan hasil yang memuaskan. Teknik penanaman ubi jalar dalam karung yang ditemukan oleh Ashat Arifin, Si Pulung, juga diharapkan dapat bermanfaat bagi petani lain atau orang lain yang ingin memulai usaha di bidang bisnis ubi jalar.

Dalam upayanya untuk memperluas bisnisnya, Ashat Arifin memberikan pelatihan cara menanam ubi jalar dalam karung dan manajemen usaha kepada para petani. Dia membagikan pengalaman dalam membangun bisnisnya dan memberikan strategi bagaimana cara menjual produk ubi jalar dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang optimal.

Dengan kesuksesannya, Ashat Arifin berharap dapat membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya dan menjadi inspirasi bagi orang lain yang ingin memulai bisnis. Ia ingin CV Ubi Jalar Indonesia dapat memotivasi orang lain untuk berani memulai usaha di bidang yang belum banyak diminati dan menemukan inovasi yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dalam kesuksesannya, Ashat Arifin membuktikan bahwa bisnis yang sukses tidak selalu memerlukan modal yang besar.