KBHI adalah organisasi atau perkumpulan yang mewadahi pelaku usaha dan pegiat hortikultura di Indonesia. Organisasi ini dibangun dengan karakter dan budaya organisasi yang bermartabat, berintegritas, dan berdaya saing. KBHI memiliki visi menjadi penggerak utama dalam pengembangan sektor hortikultura Indonesia yang berkelanjutan dan berkualitas, serta menjadi wadah yang terpercaya bagi seluruh pelaku usaha dan pegiat hortikultura untuk memperkuat daya saing dan menghadapi persaingan bisnis global.

Misi KBHI meliputi meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi hortikultura, membentuk sistem niaga dan nilai yang adil, transparan, dan terpercaya bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis hortikultura, membangun kesepahaman dan kesamaan persepsi di antara semua pemangku kepentingan dalam menghadapi persaingan bisnis global dan memperjuangkan ketahanan dan kedaulatan pangan di Indonesia, serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hortikultura Indonesia di pasar global.

Tujuan KBHI adalah mewujudkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya hortikultura secara optimal, bertanggung jawab, dan lestari dalam rangka meningkatkan produksi, produktivitas, kualitas, nilai tambah, daya saing, dan pangsa pasar serta menyediakan lapangan kerja dan kesempatan usaha.

Tugas KBHI meliputi merumuskan, menyusun, dan membuat rekomendasi strategis pengembangan sumberdaya hortikultura Indonesia, menyelenggarakan fasilitasi, intermediasi, dan program kerjasama antar pelaku usaha hortikultura, serta kerja sama antar pihak dengan seluruh pemangku kepentingan nasional dan internasional untuk kemajuan hortikultura.

Dalam menjalankan tugasnya, KBHI mengutamakan nilai-nilai seperti martabat, integritas, dan daya saing serta berfokus pada visi dan misinya untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi hortikultura, membentuk sistem niaga dan nilai yang adil, membangun kesepahaman di antara pemangku kepentingan, serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hortikultura Indonesia di pasar global.