Malang, 22 Februari 2023 – Hari ini, Sookresh, seorang anggota aktif KBHI, Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia, telah membagikan gambar kegiatan beliau kepada wa group KBHI. Sebuah gambar tentang kegiatan beliau dalam membuat keripik daun bawang. Sookresh sedang melakukan praktek pembuatan keripik daun bawang pesanan Badan Pangan Nasional.

Ketika ditanya tentang kelebihan keripik tersebut, Sookresh menjawab, “Unik saja dan pembiasaan makan sayur. Saya ingin mensosialisasikan ke masyarakat sebagai amalan ilmu saya.” Dia juga mengatakan bahwa seringkali masyarakat salah dalam memperlakukan sayur dan percaya bahwa sayur harus direbus sampai mendidih. Menurutnya, “Antioksidannya sudah rusak, sehingga akhirnya manusia kurang imunitasnya. Akan tetapi, dengan sayur hanya dengan suhu 80°C, gizinya masih ada. Jadi, pola pikir ibu-ibu harus diubah.”

Sookresh memiliki motivasi yang kuat untuk KBHI dan masyarakat Indonesia umumnya dalam menyejahterakan petani di bidang hortikultura. Menurutnya, sosialisasi pentingnya olahan hortikultura dapat membantu petani dan membuat wirausaha agro industri.

Para petani di Indonesia umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan hasil panen mereka. Namun dengan adanya olahan hortikultura seperti keripik daun bawang, petani dapat memanfaatkan hasil panen mereka dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Sookresh mengajak masyarakat Indonesia untuk memulai pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Ia juga menambahkan bahwa olahan sayur bisa menjadi alternatif sehat untuk camilan yang seringkali kurang sehat dan bergizi.

Dalam kegiatan pembuatan keripik daun bawang ini, Sookresh berharap dapat membangkitkan minat masyarakat untuk memproduksi olahan hortikultura dan membuka peluang usaha baru. “Mari bersama-sama membangun Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera,” katanya.