Festival Buah Nusantara Kabupaten Batang telah sukses digelar pada Rabu-Kamis, 22-23 Februari 2023, di Pendopo Kabupaten Batang. Festival yang diadakan atas kerja sama Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang dengan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya Creative Farm ini berhasil menarik ribuan pengunjung dari berbagai unsur. Tidak hanya warga sekitar Batang, festival ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Kementrian Pertanian Dirjen Horti dan PPMKP Ciawi, anggota Komisi 4 DPR-RI, dan Kepala Desa Selokarto, Pecalungan, Randu, Bandung, dan Gumawang, beserta perangkatnya. Tak lupa Tiga orang Pentolan KBHI, Kontak Bisnis Hortikultura, ikut andil menjadi juri, beliau adalah Dr. Ir. Moh. Reza T, Ms, Suparta, dan Tri Yanuar Hp

Salah satu hal yang menarik dari festival ini adalah adanya peserta lomba durian, alpukat, dan mewarnai. Lomba durian dan alpukat menjadi daya tarik tersendiri, dan mampu memecahkan rekor nasional alpukat termanis 16,5 brix. Selain itu, total transaksi jual beli mencapai kurang lebih 325 juta rupiah. Tak heran jika festival ini menarik lebih dari 50 liputan media.

Di tengah-tengah keseruan festival, panitia berhasil mengundang beberapa narasumber, seperti Coach Isro Abdillah dan Tim, Coach Gurning, serta Desa Emas. Selain itu, beberapa mitra seperti Yayasan Durian Nusantara, Yayasan Alpukat Nusantara, dan Bank Indonesia juga turut serta dalam festival ini.

Pada akhir festival, panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan, kehadiran, dan kebersamaan dari para pengunjung dan semua pihak yang terlibat. “Kami mohon maaf atas segala kekurangan, dan sampai bertemu di festival tahun depan,” ujar panitia.

(Foto: dokumentasi batang agro kreatif)

Festival Buah Nusantara Kabupaten Batang diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih menghargai dan memanfaatkan hasil pertanian yang ada. “Menghijaukan bumi, menjaga kelestarian alam, dan sejahterakan petani,” demikian tema yang diusung dalam festival ini.